Berpikir `KREATIF` ツ

Agustus 01, 2012



1.     Berpikir kreatif merupakan salah satu cara yang di anjurkan. Dengan berpikir kreatif, seseorang akan mampu melihat persoalan dari banyak perspektif. Seorang pemikir kreatif menghasilkan lebih banyak alternatif untuk mememcahkan masalah. Menurut J.C Coleman dan C.L Hammen (1974) berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilkan  sesuatu yang baru dalam konsep, pengertian, penemuan, karya seni.
2.     Dalam berpikir kreatif, si pemikir juga akan mengoptimalkan imajinasinya untuk mereka-reka berbagai hubungan dalam masalah. Dengan ketajaman imajinasi, kita dapat melihat hubungan yang mungkin tidak di lihat orang lain. Einstein melihat hubungan energi, kecepatan , dan massa suatu benda. Newton melihat hubungan antar apel jatuh dan gaya tarik bumi.
3.     Dr. Jalaludin Rahmat (1980)menyatakan untuk bisa berpikir kreatif, si pemikir sebaiknya berpikir analogis, yaitu dengan menganalogikan sesuatu dengan hal lain yang sudah di pahami. Kalau menurut pemahamman si pemikir kesuksesan adalah keberhasilan mencapai suatu tujuan, maka saat ia berpikir tentang kesuksesan, ciri-ciri berupa “berhasil mencapai tujuan” menjadi unsur yang di pertimbangkan.
4.     Setiap masalah dan tantangan yang kita anggap sulit mungkin masih ada solusinya. Hanya saja belum terpikirkan oleh kita. Solusi itu harus di cari. Proses pencarian inilah yang di sebut proses berpikir kreatif, yang akan menghasilkan ide-ide baru yang salah satunya mungkin bisa mengatasi masalah anda.
5.     D.W. McKinnon (1962) menyatakan, selain  menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfaat, seseorang baru bisa di katakan berpikir kreatif apabila memenuhi dua persyaratan, yakni memecahkan persoalan secara realistis dan hasil pemikirannya merupakan upaya mempertahankan suatu pengertian atau pengetahuan yang murni bukan jiplakan.
6.     Rance Crain mengatakan kreativitas adalah cara melihat benda-benda dan konsep-konsep biasa dengan cara baru. Anda mungkin harus sedikit mengubah cara bekerja. Perbedaanya bukan terletak pada apa yang anda lakukan, melainkan pada proses pemikiran atas hal-hal atau biasa dengan cara yang berbeda.
7.     Seseorang yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi, seringkali menghasilkan pemikiran atau gagasan luar biasa, aneh, dan terkadang di anggap tidak rasional. Bahkan karena keluarbiasaan itu, tidak sedikit orang kreatif di anggap“gila”. Kesamaan orang kreatif dengan orang gila adalah cara berpikirnya yang tidak konvesional.Bedanya, orang kreatif mampu melakukan loncatan pemikiran yang menimbulkan pencerahan atau pemecahan masalah. Sementara orang gila tidak.
8.     Persaingan tidak pernah berhenti Anda akan menghadapi produk yang sama dengan yang anda jual. Anda harus kreatif menghasilkan ide-ide untuk membuat atau memperbaiki produk Anda agar tetap unggul. Semakin kreatif Anda, Semakin tinggi juga tingkat stimulasi produk Anda. Maka semakin besar pula kesempatan untuk memperoleh hasil yang jauh lebih baik.
9.     Kesuksesan dan krativitas saling mendukung. Mereka yang paling kreatif itulah biasanya yang paling sukses. Jika Anda ingin meningkatkan peluang sukses, tingkatkanlah kreativitas anda . Semakin kreatif semakin tinggi juga stimulasinya, dan kegairahan juga semakin tercipta... maka semakin besar kesempatan untuk memperoleh hasi sukses.
10.                   Sesekali buatlah keputusan yang tidak aman. Mengapa? Membuat keputusan yang aman itu membosankan, selain gampang di prediksi juga tidak akan membawa Anda kemanapun. Membuat keputusan yang tidak aman menyebabkan Anda berpikir dan merespon dengan cara yang belum pernah anda pikirkan. Dan pikiran itu akan memicu pemikiran lain yang bisa membantu Anda mencapai tujuan.
11.                   Jika setiap orang siap mencetuskan gagasan yang mereka pikir aneh, tetapi mereka tau bahwa gagasan tersebut tidak akan di tertawakan, Anda belum memiliki tim yang benar-benar kreatif.
12.                   Rasa ingin tahu sering membuat seseorang melakkan apapun dengan berbagai cara. Dia tak akan berhenti pada satu titik jikabelum menemukan jawaban yang pasti.Proses menjawab rasa ingin tahu ini merupakan proses berpikir kreatif karena menggunakan seluruh energi.
13.                   Banyak orang nilainya “jeblok” di sekolah ternyata jadi kaya dan sukses, bukan karena nilainya saat lulus tetapi kare imajinasinya. Agar sukses dari kegagalan anda.Anda harus menganggap kegagalan sebagai tempat yang baik untu memulai sesuatu.
14.                   Yakinlah bahwa semua bisa di lakukan. Ubahlah “Mungkin saya bisa melakukannya”menjadi “Saya pasti bisa melakukannya” atau “Bagi saya tidak ada kata menyerah, selagi ada NIAT dari diri kita”. Penyataan optimistis melatih kita berani masuk ke persoalan.Daya pikir pun berkembang, karena di paksa memeras otak untuk mewujudkan tekad itu.




You Might Also Like

0 komentar

Facebook

Part Of

Blogger Perempuan indonesian hijab blogger muslimah blogger Female Blogger TPC Surabaya

Pinterest