★ Belajar Java ★

Agustus 03, 2012


Sedikit macam-macam class untuk belajar java.
Text
Kelas Text digunakan sehingga user bisa mengetikkan atau mengedit suatu teks. Kelas ini juga merupakan turunan dari kelasControl sehingga memiliki metode, bit gaya, dan event seperti pada kelas Control lainnya. Berikut ini adalah metode, bit gaya, dan event khusus untuk kelas Text.
Thread
Salah satu perubahan pada Java 2 untuk mengurangi kemungkinan terjadinya deadlock adalah dengan dideprekasi (artinya pengembangannya dihentikan, dan user disarankan untuk menghindari penggunaannya) metode stop(), suspend(), danresume() pada kelas Thread. Alasan mengapa metode stop() dideprekasi adalah karena metode ini tidak melepas kunci yang sudah dimilikinya, dan jika objek tersebut berada dalam kondisi "cacat" seperti ini, thread lain bisa melihat dan mengubah objek cacat ini. Hasilnya akan muncul masalah yang tersembunyi yang akan sangat sulit dideteksi.
Kunci Mati(deadlock)
Thread bisa diblok dan objek bisa memanggil metode synchronized ke suatu objek sehingga objek lain tidak bisa mengakses objek tersebut hingga kuncinya dilepas. Karenanya mungkin saja satu thread tersangkut menunggu suatu thread, akan tetapi thread yang ditunggu ini juga sedang menunggu thread lain, dan seterusnya. Jika rangkaian kunci kembali ke thread pertama, maka semua thread akan diam menunggu satu sama lain dan tidak akan pernah jalan. Kasus ini dinamakan kunci mati (deadlock).
Setelah kita mengerti bagaimana thread bisa bertabrakan satu sama lain, dan bagaimana caranya mencegah tabrakan antar thread, langkah berikutnya adalah belajar bagaimana membuat thread dapat bekerja sama satu sama lain. Kuncinya adalah komunikias antar thread yang diimplementasi dengan aman dalam metode-metode pada kelas Object, yaitu wait() dannotify().
wait() dan notify() .Pertama-tama penting untuk mengerti bahwa sleep() tidak melepas kunci thread ketika dipanggil. Artinya jika sleep()dipanggil dari dalam bagian kritis, maka thread lain tidak bisa masuk hingga thread yang memanggil sleep() bangun, meneruskan eksekusi, hingga keluar dari bagian kritis. Sedangkan wait() melepas kunci ketika dipanggil, sehingga thread lain bisa masuk ke dalam bagian kritis.
Siklus hidup thread
Suatu thread bisa berada dalam salah satu kondisi berikut :
1. Baru : Objek thread baru saja dibuat, akan tetapi belum mulai dijalankan, sehingga belum bisa berbuat apa-apa.
2. Bisa-jalan : Artinya objek ini sudah dimulai dan sudah bisa dijalankan oleh mekanisme pembagian waktu oleh CPU. Sehingga thread ini bisa jalan kapan saja, selama diperintahkan oleh penjadwal thread.
3. Mati : suatu thread biasanya mati ketika selesai menjalankan metode run(). Sebelumnya, kita bisa memanggi metodestop(), akan tetapi program bisa berada dalam kondisi tidak stabil jika metode ini dipanggil. Kita akan lihat beberapa metode lain untuk menghentikan thread di bagian berikutnya.
Berbagi sumber daya
Kita bisa bayangkan sebuah program dengan thread tunggal hanya memiliki satu hal yang berpindah dari satu bagian ke bagian lain secara harmonis, karena perpindahan data dari satu tempat ke tempat lain diatur hanya oleh satu alur. Jika ada dua atau lebih thread yang menggunakan, membaca, menulis, menghapus data yang sama, tentunya hal ini menjadi lebih rumit. Kita harus bisa memahami bagaimana thread-thread bekerja sama dalam berbagi sumber daya pada komputer, termasuk memori, hard disk, tampilan, input/output dan lain-lain, sehingga program yang kita buat menjadi lebih baik.
Dasar-dasar thread
Cara termudah untuk membuat thread adalah membuat kelas turunan dari java.lang.Thread, yang memiliki semua metode untuk membuat dan menjalankan thread. Metode paling penting adalah run(), yang bisa kita beban-lebihkan untuk melakukan tugas yang kita butuhkan. Atau dengan kata lain run() adalah metode yang akan dijalankan bersamaan dengan thread lain.
Contoh berikut membuat 5 thread, masing-masing memiliki nomor identifikasi unik yang dibuat dengan menggunakan variabel statik. Metode run() dibebanlebihkan untuk menghitung mundur hingga hitungMundur bernilai nol. Setelah metode run()selesai dijalankan, thread akan mati secara otomatis.
(Contoh-contoh pada bagian ini bisa diunduh untuk diimport ke dalam Eclipse. Lihat akhir halaman ini untuk tautannya).
Java adalah bahasa pemrograman banyak thread, yang artinya beberapa hal bisa dilakukan bersama-sama. Thread adalah unit terkecil dari eksekusi suatu program. Thread mengeksekusi rangkaian instruksi satu demi satu. Ketika sistem menjalankan program, komputer akan membuat thread baru. (Thread dalam konteks ini disebut proses, akan tetapi perbedaanya tidank penting di sini). Instruksi-instruksi dalam program akan dieksekusi oleh thread ini secara berantai, satu demi satu dari awal hingga akhir. Thread disebut "mati" jika program selesai dieksekusi.
Menampilkan gambar
Seperti halnya warna dan huruf pada SWT, ada dua kelas yang digunakan untuk menampilkan gambar pada SWT : ImageDatauntuk melambangkan gambar dalam format yang tidak tergantung pada suatu perangkat, dan Image yang merupakan representasi gambar pada suatu perangkat.
Suatu kontrol memiliki beberapa metode untuk menampilkan gambar di latar depan ataupun latar belakangnya. Tentunya, ini tergantung dari kontrol tersebut bagaimana hal ini akan diimplementasikan. Pada Label misalnya, latar belakang bisa diset berbentuk gambar menggantikan warna latar belakangnya. Atau bisa juga label diisi dengan gambar sebagai pengganti teksnya.
Berikut ini adalah beberapa metode untuk mengeset suatu gambar pada kontrol.

Sedikit beberapa kelas atau cara yang di lakukan untuk belajar java.

You Might Also Like

0 komentar

Facebook

Part Of

Blogger Perempuan indonesian hijab blogger muslimah blogger Female Blogger TPC Surabaya

Pinterest